Pages

Peraturan Permainan Bola Basket Sekolah Dasar

Adanya peraturan permainan dan kepatuhan masing masing team dalam olahraga menjadi hal yang menarik untuk ditonton sehingga pertandingan menjadi berjalan baik dan sportif. begitu juga dengan permainan bola basket, aturan permianan bola basket akan membatasi setiap individu  agar tidak bertindak semuanya. jika dalam pertandingan digelar tanpa peraturan pertandingan bola basket maka akan menjadi perkelahian antar team. oleh karea itu ini adalah beberapa peraturan umum dalam permainan bola basket.
Peraturan Permainan Bola Basket Sekolah Dasar
Peraturan Permainan Bola Basket Sekolah Dasar

  1. bola bisa dilempar kesegala arah dengan salah satu atau kedua tangan
  2. bola boleh dipukul menggunakan tangn namn tidak boleh dipukul menggunakan kepalan tangan  
  3. pemain tidak boleh membawa lari bola. pemain harus melempar bola tersebut dari titik menerima bola.
  4. bola dipegang didalam atau diantara telapak tangan.lengan atau angota tubuh lainnya tidak diperbolehkan
  5. pemain tidak boleh menyeruduk,menahan,mendorong,memukul atau menjegal pemain lawan.jika pelanggaran tersebut dilakkan unuk mencederai lawan, maka pemain pelnggar akan dikenai sanksi tidak boleh bermain sepanjang pertandingan.
  6. jika salah satu pihak melaukan tga kesalahan berturut turut aka akan diaggap gol ntuk tim lawan nya.
  7. apabila bola keluar lapangan saat pertandingan, bola akan dilempar kembali kedalam dan dimainan oleh pemain pertama yang menyentuh. pelempar dberi waktu 5 detik untuk mepemparkan bola jika lebih dari itu maka akan pindah kepemilikan. apabila salah satu tim menunda pertandingan maka wasi berhak memberi tim tersebut sebuah peringatan.
  8. wasit berhak memperhatikan dan mencatat jumlah pelanggaran dan memberitahu wasit pembantu apabila terjadi pelanggaran berturut turut dan wasit memiliki hak penuh untuk memberi diskualifikasi kepada pemain yang melakukan pelanggaran fatal.
  9. wasit pembantu bertugas memperhatikan bola dan mengambil keputusan apabila bola diaggap keluar lapangan,perganian kepemilikan bola,dan menghitung bola.
  10. waktu pertandingan adalah 4 quarter masing masing 10 menit.
  11. team yang berhasil memasukkan bola terbanyak akan keluar sebagai pemenangnya
  12. setiap team dalam permainan bola basket erdiri atas 10 pemain dengan 5 pemain inti dan 5 pemain lainnya sebagai pemain pengganti. dan satu diantaranya sebagai kapten team yang didampingi oleh seorang pelatih dan asisten pelatih.dalam perminan resmi satu team ber,ain lebih dari 3 pertandingan dan dalam setiap regu ditambah  pemain sehingga menjadi 12 pemain
  13. seragam juga diatur dalam permainan bola basket. kas harus berbahan yang dapat meresap keringat,kaos harus berwarna sama,seiap kaos pemian harus diberi nomor punggung dan memaskkan kaos selama pertandingan
  14. nilai dalam prmainan bola basket adalah nilai satu untuk team yang berhasil memasukkan bola kedalam keranjang dari tembakan hukuman. nilai dua diberikan untuk team yan berhasil memasukkan bola bukan hukuman. nilai tiga diberikan untuk team yang mmasukkan bola dari daerah tiga poin (three point field goal)
  15. jump ball adalah bola yang dilambungkan oleh asit ke udara diantara dua pemain yang berlawanan. hal ini dapat dilakukan permulaan permainan dan sesudah istirahat
Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peraturan Permainan Bola Basket Sekolah Dasar"

Post a Comment