Pages

SARANA DAN PRASARANA PERLENGKAPAN PERMAINAN BOLA VOLI

Dalam permainan bola voli , bukan hanya teknik atau cara bermain yang benar yang perlu kita ketahui namun sarana dan prasarana olahraga ola voli juga sangat penting untuk kita ketahui. semua cabang olahraga pasti memerlukan sarana dan prasarananya gua endukung jalnnya permainan supaya lancar dan sempurna , seperti halnya dengan permainan bola voli yang akan kita bahas kali ini.
SARANA DAN PRASARANA PERMAINAN BOLA VOLI
SARANA DAN PRASARANA PERMAINAN BOLA VOLI

Sarana dan prasarana yang diperlukan dalam permainan bola voli sebagai berikut :
  1. Lapangan
    lapangan bola voli merupakan salah satu sarana yang sangat penting karena tanpa lapangan tentu kita tidak bisa bermain bola voli. lapangan bola voli memiliki standartersniri begitupun degan cabang olahaga lainnya. untuk ukuran lapangan voli memiliki standar,yaitu 9x18 meter,sementara jarak garis batas serang pemain belakang harus 3 meter jika diukur dari garis tengah yang sejajar dengan jaring. 
  2. jaring/net
    tidak hanya tenis meja dan tenis lapangan yang membutuhkan jaring/net,permainan bola voli juga sangat membutuhkan net yang dipasang untuk membagi wilayah kedua tim yang bermain. bahkan untuk jaring atau net yang digunakan tidak sembarang ukuran sebab sudah ada standar kuran yang sudah disepakati secara nasional. ukuran net pemain laki laki dan perempuan berbeda, untuk permainan voli laki laki tinggi net adalah 2,44 meter sedangkan tinggi net bagi perempuan adalah 2,24 meter 
  3. bola voli
    bola voli yang tentu saja merupakan sarana dan prasarana yang tidak boleh sampai ketinggalan ada standar nasional nuk ukuran bola voli yang digunaan saat bermain bola voli terlebih pertandingan resmi. untuk keliling lingkaran bola voli harus 65-67 cm. sedangkan untuk berat bola voli yang berstandar nasional adalah 260-280 gram yang telah diatur tekanan dalam dari bola voli menurut standar. untuk tekanan dalam dari bola voli hanya dperbolehkan 0.30-0.325 kg/cm2 saja.
  4. papan skor  
    papan skor terbilang wajib yang harus tersedia selama pertandingan berlangsung. papan skor merupakan papan khusus untuk mencatat skor kedua tim selama pertandingan. papan skor ini memudahkan petugas dalam mencatat skor untuk keda tim ketika pertandingan sedang berlangsung.
  5. rod antena
    antena ini merupakan tongkat lentur yang dijadikan sebagai batas samping dari area penyebrangan bola. rod antena memiliki ukuran standarnya sendiri yakni tingginya 1.80 meter  dan 10 mm untuk garis tengahnya. rod antena biasaya terbuat dari fiberglass. pemasangan antena biasanya dibagian luar setiap pita samping dan tinggi antena yang ada diatas net berkuran 80 cm .
  6. P3K
    dalam ermainan bola voli sebaiknya juga dilengkapi dengan P3K selama pertandingan berlangsung. dengan adanya P3K ini sngat membantu untuk penanganan cidea secara cepat ketika pemain ada yang mengalami cidera.
  7. perlengkapan pemain 
    • pakaian seragam
      biasanya seragam tim berbentuk kaos yang sebaiknya memiliki nomor punggung dan juga warna kahas yang berbeda dari tim lawan. ntk bahan yang digunakan sebaiknya bahan yang mudah menyerap keringat dengan cepat dan tentunya nyaman saat dipakai. untuk pemain libero biasanya menggunakan kaos yang berbeda dengan warna setim.
    • kaos kaki
      gunanya menggunakan kaos kaki aat bertanding adalah untuk melindungi kaki dan mebuat kaki lebih nyaman saat bergerak seaktu bermain.
    • sepatu voli
      gunakan sepatu voli yag sudah didesain khusus untuk bermain bola voli. memang tergolong mahal,namun akan nyaman saat dignakan dan mendukung pergerakan aktif saat bermain voli.
    • pelindung/dekker
      sangat disarankan bagi pemain voli menggunakan dekker atau pelindung lutut maupun siku walau tidak wajib. namun dengan menggunakan pelindung, otomatis dapat meminimalisir cidera sekaligus meningkatkan kenyamanan pemain saat bergerak

    Itulah sarana dan prsarana yang paling wajib anda ketahui sebelum bermain permainan bola voli. demi pertandingan yang tak hanya seru namun juga nyaman dan baik, segala sarana dan prasarana tersebut sangat penting untuk disediakan demi menunjang jalannya pertandingan bola voli.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SARANA DAN PRASARANA PERLENGKAPAN PERMAINAN BOLA VOLI"

Post a Comment